Taksonomi Bloom untuk Domain Kognitif


Depiction of Bloom's taxonomy for the cognitive domain showing the six mastery levels
Penggambaran taksonomi Bloom untuk domain kognitif menunjukkan penguasaan enam tingkatan

Karena sebagian besar program pembelajaran bertujuan untuk membangun kognitif (keterampilan berpikir), taksonomi Benjamin Bloom digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran / hasil untuk program tersebut. Taksonomi Bloom memiliki enam tingkatan:
  1. Pengetahuan-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu mengingat pembelajaran mereka.
  2. Pemahaman-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu mengemukakan kembali konsep dalam kata-kata sendiri.
  3. Aplikasi-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu menerapkan pelajaran mereka di tempat kerja.
  4. Analisis-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu menganalisis komponen konstituen masalah pekerjaan khas.
  5. Sintesis-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu mensintesis solusi baru untuk masalah-masalah kerja yang khas.
  6. Evaluasi-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu menilai kualitas solusi baru untuk masalah pekerjaan khas, dan kemudian memutuskan solusi yang optimal

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Chat Area

Advertise

 
Made Agus Suryadarma Prihantana, S. Pd / S2 Teknologi Pembelajaran / Undiksha