Penggambaran taksonomi Bloom untuk domain kognitif menunjukkan penguasaan enam tingkatan |
Karena sebagian besar program pembelajaran bertujuan untuk membangun kognitif (keterampilan berpikir), taksonomi Benjamin Bloom digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran / hasil untuk program tersebut. Taksonomi Bloom memiliki enam tingkatan:
- Pengetahuan-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu mengingat pembelajaran mereka.
- Pemahaman-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu mengemukakan kembali konsep dalam kata-kata sendiri.
- Aplikasi-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu menerapkan pelajaran mereka di tempat kerja.
- Analisis-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu menganalisis komponen konstituen masalah pekerjaan khas.
- Sintesis-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu mensintesis solusi baru untuk masalah-masalah kerja yang khas.
- Evaluasi-tingkat pembelajaran ini dikatakan tercapai jika, setelah menyelesaikan isi, peserta didik mampu menilai kualitas solusi baru untuk masalah pekerjaan khas, dan kemudian memutuskan solusi yang optimal
Posting Komentar